Thursday, October 31, 2013

Masa depan teknisi hp



Masa depan teknisi handphone


Masa depan teknisi hp menurut saya yang profesi saya pun adalah seorang teknisi handphone
Awal tahun 2010 saya masih duduk di bangku SMK tingkat 8 Jurusan Teknik audio video yang lebih menjurus mempelajari Radio dan Televisi Tabung, sekarang udah jarang Televisi tabung nya hehe :
Di tahun 2010 saya mulai berkiprah turun kedunia handphone yang karena menurut saya masa depan teknisi handphone akan semakin naik di kala nanti saya lulus sekolah Alhasil saya mengawali karir saya di bidang handphone dengan kursus handphone di tempat teman saya yang waktu itu dia juga seorang Teknisi handphone di daerah pelabuhan ratu konter Babe cell.

Ada beberapa materi yang saya dapat waktu itu :
1.      Penggunaan Alat Service
2.      Peralatan apa saja yang di butuhkan ketika menjadi seorang teknisi handphone
3.      Bagai mana cara menggunakan Box flasher, File apa saja yang di butuhkan saat melakukan flashing dan fungsi file itu apa saja
Saya akan menjabarkan sekilas info yang dulu saya pelajari di atas 

Yang pertama Penggunaan Alat service
Di antara sekian banyak penggunaan alat service hanya 1 yang saya tekuni yaitu penggunaan Heater atau solder uap , Pertama saya memegang alat itu solder uap tangan saya bergetar dan ketika saya coba memasang 1 buah chip komponen padan papan PCB HP bukan terpasang malah menghilang , haha Maklum baru pertama pegang, Yang kedua saya di suruh mencoba membuat kaki atau ball solder pada IC yang sudah di lepas masih ingat waktu itu saya di suruh mencetak ulang IC ccont dan IC cobba nokia type 3310 haha pada kerjaan kali ini juga sama bukan terbentuk ball solder malah terbentuk blok timah solder kata guru ku itu udah kaya tai ayam jang hehe maklum nama saya Ujang, Seiring berjalan nya waktu dan sering nya saya mencoba hingga beberapa kali salah, dan tangan saya sampai terkena oleh Nozzle solder uap akhir nya perlahan-lahan saya menemukan cara nya.
-          Jangan terlalu fokus dengan barang yang sedang anda pakai apalagi anda berfikir kalo anda kondisi nya sedang belajar, pikirkan kalo anda itu sudah bisa dan sedang melancarkan.

Yang ke dua Peralatan apa saja yang dibutuhkan ketika menjadi seorang teknisi handphone
1.      Alat ukur terutama Ohm meter dan Volt meter atau anda bisa membeli Multi tester yang sering di bilang AVO meter ( Avo meter adalah singkatan dari Ampere, Volt, Ohm meter ) yang secara fungsi nya berguna untuk mengukur arus, tegangan dan hambatan listrik
2.      Solder wajibkah memiliki solder ??? Jelas wajib lah karena anda akan bekerja di dunia electronic yang sifatnya berhubungan dengan timah dan jelas wajib anda memiliki solder sebagai alat untuk memasang dan membuka komponen yang sudah tersolder oleh timah
3.      Obeng Seharusnya saya meletakan obeng di angka 1 tapi y sudah lah udah terlanjur saya tulis lagian males juga kalo harus saya pindahin. Obeng merupakan peralatan atau tool utama dalam membuka HP tentunya anda harus punya Obeng HP jangan anda gunakan obeng Motor, Ada beberapa HP yang rusak bisa kita perbaiki hanya dengan menggunakan Obeng saja, Misal nya permasalahan HP mati total karena kotor PIN konektor ke baterai nya, Obeng bisa berguna sebagai pembuka chasing dan sebagai pembersih Pin konektor yang tadi rusak dengan cara menggores-goreskan pada pin konektor baterai yang rusak tadi
4.      Timah, dudukan solder, Flux kalo di dunia Televisi biasa di sebut arpus, lampu penerangan dll
5.      Pinset pinset di gunakan sebagai alat untuk menarik dan meletakan barang atau komponen yang sifat nya kecil

Yang ke tiga Bagai mana cara menggunakan Box flasher, File apa saja yang di butuhkan saat melakukan flashing dan fungsi file itu apa saja ? 
Secara teori Hp bisa hidup karena memiliki 2 unsur utama yang Pertamaunsur Hardware atau komponen yang ada pada mesin PCB dan accesoris pendukung lain nya seperti baterai buzzer mic dan lain-lain, Kedua Software atau yang lebih tepatnya firmware karena buat saya software adalah program untuk menjalankannya. Box Flasher di gunakan untuk mengisi firmware yang di butuhkan oleh hardware HP saya sarangkan anda untuk membeli Box yang bernama UFS hwk tornado Kenapa harus membeli Box flasher UFS tornado yang di keluarkan oleh produsen yang bernama saruna
-         -  Box flasher UFS HWK sangat banyak fungsi nya dan support untuk beberapa model dan merk HP, semua teknisi handphone pasti memiliki box flasher UFS HWK
-          - Update UFS HWK sangatlah cepat ketika ada produsen HP mengeluarkan type hp baru UFS pun ikut mangupdate list support Hp nya dengan tanpa ada masalah dan biaya yang harus kita keluarkan demi menikmati update UFS itu.
File apa saja yang di butuhkan saat process flashing
Saya tidak akan menjelaskan extension file flashing karena tiap merk Hp mengeluarkan firmware nya dengan extension yang berbeda-beda, saya akan beri garis besar file firmware

1.      MCU atau sebagai pondasi untuk hidup nya HP
2.      PPM file bahasa gambar dan tampilan UI ( user interface lain nya )
3.      Content alias daleman galeri jika anda tidak mau mengisi galeri dengan gambar atau video bawaan maka content tidak usah di isi

 Itu pengalaman saya ketika saya menjadi anggota kursus handphone 3 tahun yang lalu selama  3 hari
Sisanya saya dapat dari forum-forum handphone seperti djawir user id saya unas


Lah mana penjelasan tentang Masa depan teknisi handphone nya ????
Saya akan bahas di page berikut Masa depan teknisi handphonemenurut saya  


No comments:

Post a Comment