Wednesday, January 29, 2014

Alat Service HP

Selamat malam di bawah ini saya akan memberikan penjelasan sepintas mengenai peralatan service hp yang harus anda ketahui jika baru mau memulai menjadi teknisi hp.

1. Batery Booster dan PCB Cleaner
- Baterai Booster di gunakan untuk memberi tegangan pada baterai atau istilah bahasa kita nya di Tembak supaya baterai yang tadinya kosong bisa cepat-cepat terisi, Biasanya Baterai booster memiliki tegangan yang lebih besar dari baterai yang di miliki.
- PCB Cleaner di gunakan untuk membersihkan PCB, biasanya PCB cleaner di gunakan untuk membersihkan hp masuk air, prinsip kerja PCB cleaner sendiri hanya begetar sebagai bahan Pembersih nya PCB cleaner di isi thiner.

2. BGA Tool dan Lampu Service
BGA Tool di gunakan untuk mencetak kembali Kaki atau Ball IC BGA yang belum ada kaki nya atau kaki nya sudah Hilang atau Rusak setelah kita cabut dari PCB.
- Lampu Service di gunakan untuk memberi penerangan ketika melakukan service, kita tahu sendiri seberapa kecil komponen yang ada pada PCB HP, dalam melakukan service sangat perlu sekali penerangan yang cukup lampu ini lah yang nanti nya akan membantu anda dalam melakukan service
3. Cutter dan Tang Pemotong
- Cutter di gunakan untuk memotong Wire jumper, membuang barri chasing dll.
- Tang Pemotong
4. Desoldering wire dan Screw driver set ( Obeng set )
- Desoldering wire di gunakan untuk membuang / atau membersihkan timah yang tidak di perlukan di lapangan nya sering di sebut solder Quick karena merk di pasaran bermerk solder Quick.
- Obeng SET di gunakan untuk membuka baut
5. Penjepit PCB dan Kawat timah
- Penjepit PCB atau bahasa inggrisnya Holder PCB berfungsi untuk menjepit PCB hp yang sedang di perbaiki misalnya mengganti IC, Mengganti connector dan lain-lain, Prinsip kerja PCB holder hanya menjepit PCB saja agar PCB lebih berat dan tidak bergeser-geser.
- Kawat timah di gunakan untuk menambah timah pada bidang yang akan di solder sehingga menjadi rekat dan Terhubung
6. Flux Cair dan Flux Pasta
Terdapat 2 Flux yang pertama cair dan yang ke dua Berbentuk pasta, secara fungsi ke duanya sama yaitu untuk membantu process pemanasan agar bisa lebih sempuran dari Solder / Blower ke Papan PCB yang di solder, di dunia Service Flux ini sering di Sebut Amtech karena banyak yang pakai merk amtech karena murah berkisar harga 3-6 ribu Rupiah.
7. Multi meter digital dan Heater / Solder Uap
- Pada gambar di bawah sebelah kiri menunjukan gambar Multi meter dalam secara fungsi multi meter tersebut memiliki tiga ( 3 ) fungsi sekaligus yang pertama untuk mengukur tegangan ( VOLT ), yang ke dua mengukur hambatan ( OHM ), dan mengukur arus ( AMPERE ), semua fungsi multi meter tersebut di gunakan dalam melakukan perbaikan HP, misalnya mengukur jalur dengan menggunakan fungsi Ohm meter, mengukur IC Power dengan menggunakan Volt meter dll.
- Blower blower adalah solder yang berbentuk kotak secara fungsi blower sama dengan solder biasa yaitu untuk memanaskan timah agar bisa meleleh untuk di gunakan pada keperluannya ( pematrian ), namun secara prinsip kerja heater memanaskan object nya menggunakan udara bukan logam tembaga seperti pada solder biasa, Pemanas ( Elemen ) yang ada pada gagang heater / blower akan di tiup oleh angin agar Panas bisa di sebarkan ke PCB, IC , dll Fungsi Heater / blower itu sendiri untuk mencabut dan memasang IC BGA pada papan PCB.
8. Tang dan Obeng
9. Pembuka chasing dan Power supply
- Pembuka chasing di gunakan untuk membuka chasing, kenapa di gunakan alat atau tool ini ?? Jawabannya agar chasing hp tidak rusak dan untuk memudahkan dalam membuka chasing.
- Power supply digunakan untuk memberi tegangan sebagai pengganti baterai dll, power supply yang di tunjukan oleh gambar samping kanan di bawah ini juga bisa mengecheck seberapa besar penggunaan arus ke tika tegangan di pakai, biasanya dalam dunia service hp di pakai juga untuk mengecheck fungsi tombol on of, dan fungsi IC lainnya, Karena kalo On off tidak berfungsi maka Arus pun tidak akan naik.
10. Pinset dan Sikat atau Kuas
- Fungsi pinset di gunakan untuk menjepit IC atau komponen HP yang ukurannya kecil agar lebih mudah di ambil, pinset juga bisa di gunakan sebagai jumper sementara salah 1 nya untuk menekan on of.
- Sikat di gunakan untuk membersihkan Kotoran yang menempel pada hp.
11. Solder Pasta dan Pembersih Mata solder
- Solder pasta atau timah cair di gunakan untuk membuat kaki atau ball solder pada IC BGA.
- Pembersih solder di gunakan untuk membersihkan kotoran sisa solder yang menempel pada Mata solder.
12. Soldering Iron dan Soldering Station
Ke 2 Solder di bawah ini fungsi nya sama namun perbedaan menonjol hanya pada pengaturan nya saja, soldering station dapat di atur suhu panas nya.
13. Thiner dan Kawat Jumper 
- Tiner di gunakan untuk membersihkan bagian PCB yang di anggap kotor, alasan kenapa menggunakan tiner karena tiner cepat larut dan tidak berbekas seperti air.
- Kawat Jumper di gunakan untuk menjumper atau menyambung jalur pada PCB hp atau komponen HP yang putus.


Terima kasih Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment