Sunday, January 12, 2014

Cara Menghitung Kaki atau Pins IC HP

Cara Menghitung Kaki atau Pins dari IC HP

Setiap PCB ponsel memiliki beberapa komponenIntegrated Circuit  atau kalo di singkat IC. Dengan type IC  SMD atau Surface mounting device . sebelum anda mengetahui tentang  bagaimana cara menghitung kaki atau pin dari setiap IC , mari kita belajar tentang IC .

Apa sih IC itu ?

IC adalah komponen elektronik yang terdiri dari gabungan atau integrasi beberapa komponen elektronik lainnya seperti resistor , kapasitor , coil , dioda , transistor , elco dan lain-lain.

Berapa Banyak type / Jenis IC itu ?

yang paling pokok ada 2 jenis IC :

1. Type IC kelabang : Type IC ini memiliki kaki IC atau pin . Jenis atau type  IC Kelabang juga di bagi dalam beberapa kategori , tapi di sini saya tidak akan membahasnya di karena tidak ada hubungannya dengan perbaikan ponsel .
Type IC Bola / ball IC : jenis ini IC BGA (Ball Grid Array ) di bawah IC . Jenis IC inipun dibagi ke dalam beberapa kategori yang berbeda ,namun kembali saya tidak akan membahasnya karena tidak ada hubungannya dengan pembelajaran service hp kita kali ini.


Cara Menghitung Kaki atau Pins dari ic jenis kelabang

cara Menghitung PIN tipe IC kelabang
dimulai berlawanan arah jarum jam di mulai dari titik yang di beri tanda merah, biasanya ada di sudut pojok atas sebelah kiri, agar lebih memahami silahkan lihat gambar di bawah ini




Cara Menghitung Type IC BGA :
Cara Menghitung Type IC BGA dilakukan di Baik Searah jarum jam dan Anti - Clockwise Direction . Baris dihitung dalam Bilangan Digit ( 1 , 2 , 3 , 4 ... ) di Clockwise Direction.  Sedangkan Kolom dihitung dalam Alphabet ( A , B , C , D ... ).

No comments:

Post a Comment