Friday, January 10, 2014

Cara mengatasi hp masuk air

Dalam beberapa kasus kerusakan hp mati total di karenakan masuk air banyak sekali yang tidak bisa di perbaiki / di selamatkan, padahal Komponen elektronika termasuk hp tidak akan rusak di karenakan kemasukan air, kecuali yang bersifat tegangan tinggi ( hp termasuk barang yang bekerja dalam teknis tegangan rendah ), berikut tips dari saya dalam mengatasi masalah hp mati total karena masuk air.




1. Cabut baterai dari hp
mencabut baterai dari hp akan mengurangi tingkat short atau konslet dari komponen elektronika hp yang bekerja di dalam hp, misalnya lampu LCD lampu LCD merupakan komponen elektronika dalam hp yang di beri tegangan dengan nilai paling tinggi, kerusakan hp karena masuk air yang paling banyak adalah rusak nya IC lampu karena short di paksa terkena air.

2. Lepaskan kartu memory, SIM dll 
Pelepasan kartu memory adalah untuk menghindari short atau berkarat nya SIM dan memory yang di karenakan masuk nya air ke HP.

3. Buka Chasing dan Baut HP
Tujuan dari membuka chasing hp adalah untuk mengurangi atau membersihkan air yang masuk ke dalam hp agar air yang masuk bisa berkurang bahkan hilang, dalam kasus nyatanya air masuk pada hp tidak akan merusak komponen hp secara langsung, namun seiring di paksa untuk menghidupkan hp yang masih banyak sisa air di dalamnya besar kemungkinan hp anda akan rusak.

4. Keringkan Mesin hp dengan menggunakan hair dryer atau jemur
lakukan pengeringan pada mesin hp untuk membuang sisa-sisa air yang ada dalam mesin hp tersebut, jangan pernah sesekali menghidupkan hp jika belum benar-benar bersih air nya, lakukan pengeringan dengan alat bantu hair dryer atau dengan di jemur di tengah terik matahari.

5. Bersihkan mesin HP Dengan Tiner
Setelah mesin HP di keringkan sisa kotoran air masih membekas pada mesin hp yang akan menimbulkan karat dan korosi yang akan menimbulkan kerusakan jalur hp, jadi saya sarankan mesin hp di bersihkan dengan cara merendam Mesin hp pada tiner / bensin atau alkohol agar sisa air benar2 bersih dan tidak akan menimbulkan karat, setelah di bersihkan dengan tiner saya pastikan sisa air akan habis dan lakukan pengeringan kembali dengan hair dryer atau dengan cara di jemur di tengah terik matahari.


Setelah semua langkah di atas anda kerjakan saya pastikan hp anda akan kembali menyala normal tanpa ada masalah sedikitpun, kecuali pada LCD hp biasanya akan ada bekas air yang susah untuk di hilangkan.


No comments:

Post a Comment