Sunday, April 20, 2014

Solusi Atasi Nokia X2-02 Mati saat menerima panggilan

Selamat malam, Kali ini Postingan saya tidak akan Menampilkan Gambar solusi Hardware Nokia X2-02 yang mati ketika saat menerima panggilan, saat Hp menerima panggilan HP akan mengeluarkan nada dering yang di keluarkan oleh buzzer, Getar dan lampu yang berkedip secara rhitme Nada Panggilan, Secar Logika Kemungkinan Penyebab Masalah Tersebut berada di IC PA karena Bekerja secara extra sehingga bisa menimbulkan mati nya HP, Speaker / buzzer karena bisa saja komponen ini bisa short yang menghasilkan Impedansi yang bernilai ( 0 ) karena short, ke 3 karena Led yang menyala ketika panggilan masuk, Vibrator yang bergetar ketika menerima panggilan, speaker yang berbunyi saat ada nada dering.

Dari beberapa kemungkinan Tersebut akan saya bahas dan saya perkecil cara Penanganan nya.
1. Check Speaker atau ganti karena ketika short akan menimbulkan short / konslet output IC audio bisa anda lakukan pengujian nya dengan menggunakan multi tester ( ohm meter ), atau dengan cara mencabut speaker atau buzzer.
2. Check LED bisa saja kemungkinan Terjadi pada led yang kaki-kaki nya short ( + dan - ). kondisi ini jarang dan logika nya bisa di check dengan cara melakukan atau memainkan HP, jika lampu ( LED ) hidup saat tidak menerima panggilan, maka saat menerima panggilan pun LED akan menyala dan seharusnya HP tidak mati ketika menerima panggilan.
3. Check Vibrator ketika menerima panggilan maka Buzzer akan bergetar dan kemungkinan Short di buzzer sangat besar --> di sini paling sering masalah terjadi dan bisa anda atasi dengan mencabut Vibrator tersebut.
4. ganti IC PA jika masih Terjadi masalah HP mati saat menerima Panggilan.


Dari 4 Urutan di atas no 3 adalah Penyebab Paling banyak HP nokia X2-02 mati saat menerima panggilan.

2 comments:

  1. kalau kasus pada nokia 6300 drop saat buat telfon saya cek tegangan waktu tlfn naik 400 ampere lebih,yg bermasahah jalur ic pa atau ic pa itu yg rusak trims

    ReplyDelete